Pages

Friday, December 9, 2016

Yang Harus dilaukan Jika Aplikasi eFaktur Hilang/Error Karena Virus Atau PC Rusak

Human Error dan System Error sudah pasti ditemui di semua Aplikasi berbasis Komputer, tidak terkecuali aplikasi eFaktur, untuk itu Backup data dan Aplikasi eFaktur Sangat Penting
Backup Aplikasi dan Database eFaktur sangat penting dilakukan, Paling tidak jika Aplikasi error, anda tidak harus mengulang dari Awal
Cara Backupnya adalah dengan mengcopy 1 Folder Aplikasi eFaktur anda ke External Storage , Bisa Flashdisk atau CD.
pada kesempatan ini kita coba sedikit bahas mengenai Apa yang harus dilakukan jika PC rusak atau terkena virus sehingga menyebabkan aplikasi terhapus?
Jika Anda memiliki backup database :
  1. Extarct ulang Aplikasi eFaktur terbaru, juka belum ada silahkan download di www.efaktur.pajak.go.id
  2. Jalankan aplikasi dari ETaxInvoice.exe sehingga terbentuk folder db lalu close Aplikasi eFaktur
  3. Hapus folder db yang terbentuk pada saat menjalankan aplikasi eFaktur
  4. Pindahkan folder db dari backup terakhir ke dalam folder aplikasi
  5. Jalankan kembali ETaxInvoice.exe
  6. Apabila masa ada data yang hilang , misal data masa pajak 10 2015, silahkan ajukan permintaan data faktur pajak keluaran ke DJP lalu impor ulang
Jika Anda tidak pernah melakukan backup database :
  1. Lakukan Reset Aplikasi EFaktur dari eNofa Online
  2. Silahkan unduh aplikasi Efaktur dan lakukan tahapan mulai dari awal yaitu registrasi.
  3. Silahkan mengajukan permintaan data faktur pajak keluaran ke DJP
Konsekuensi tidak melakukan backup data : apabila database rusak atau hilang data yang bisa dimintakan ke DJP hanya data faktur pajak keluaran saja Seluruh data SPT, Faktur PM, Nota Retur, maupun Dokumen Lain hilang.

No comments:

Post a Comment